LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMBANGUN RUMAH

1. SURVEI

Pengertian survei, dalam kamus besar bahasa indonesia (KKBI) survei adalah teknik riset dengan memberi batas yang jelas atas data. Berdasarkan pengertian survei diatas maka disini kita hanya mengambil data yang berkaitan dengan langkah-langkah membangun rumah. Maka Langkah awal yang harus dilakukan oleh seseorang sebelum membangun/membuat rumah tinggal ialah survei. Tujuan dari survei ini yaitu untuk mendapat/memperoleh data-data yang akurat, sehingga bisa memudahkan perencanaan pembangunan nantinya. Hal-hal yang termasuk kedalam kegiatan survei perencanaan pembuatan rumah tinggal yang dibahas disini cuman 3, yaitu: survei lokasi, survei material, dan survei lingkungan.

Disini saya akan mencoba menjelaskan ketiga tahapan survei tersebut.

A. Survei Lokasi

Pengertian dari lokasi itu sendiri yaitu letak, tempat. Jadi, jika seseorang/masyarakat yang belum mempunyai tempat tinggal dan ingin mendirikan/membangun sebuah tempat tinggal, maka sebaiknya melakukan survei lokasi untuk memilih/melihat lahan yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Sementara itu, jika seseorang/masyarakat yang sudah mempunyai/memiliki lahan yang cocok, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan posisi arah bangunan tempat tinggal, tata letak, lahan yang terpakai beserta lahan yang sisa, dan menentukan arah pembuangan limbah dari tempat tinggal tersebut. Dan harus di prediksikan supaya tidak terjadinya banjir jika musim hujan nantinya.

B. Survei Material

Pengertian dari material adalah bahan yang akan dipakai untuk membuat barang lain. Material yang ingin kita bahas disini yaitu material yang berkaitan dengan bahan pembangunan. Kita pasti pernah menjumpai/melihat adanya pembangunan yang tidak siap/selesai dengan waktu yang sudah di tetapkan akibat tidak adanya atau tertundanya pengiriman bahan-bahan/material bangunan yang dibutuhkan. Dalam hal ini, penundaan pengiriman barang bangunan ini dapat di hindari jika suplai material bangunan direncanakan dengan baik. Seperti memilih area pembelian barang bangunan yang terdekat dengan lokasi pembangunan. Sehingga bisa melancarkan aktivitas pembangunan tersebut. Hal ini merupakan suatu contoh langkah dalam menghemat pengeluaran/biaya tak terduga.

C. Survei Lingkungan

Pada umumnya seseorang/masyarakat tidak mempedulikan yang namanya survei lingkungan dalam pembangunan tempat tinggal. Padahal lingkungan yang aman, nyaman dan tenteram sangat besar pengaruhnya, baik sebelum pembangunan tempat tinggal itu dibangun/didirikan maupun bangunan itu sudah di tempati. Karna lingkungan merupakan tempat perkembangan ikatan sosial antara anggota masyarakat dan sekitarnya. Karena segala hal yang kita lakukan dalam beraktivitas sehari-hari itu tidak terlepas dari yang namanya lingkungan.

Maka sebaiknya jika seseorang/masyarakat yang ingin membangun/membuat sebuah tempat tinggal maka sebaiknya harus memperhatikan ketiga aspek survei diatas. Supaya tidak kecewa di kemudian hari.

Leave a comment

Your email address will not be published.